20 Manfaat Daun Katuk Untuk Kesehatan, Ibu Hamil, Dan Ibu Menyusui, Serta Efek Sampingnya

20 Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan, Ibu Hamil, dan Ibu Menyusui, serta Efek Sampingnya -- Khasiat dan Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan dan Ibu Hamil & Menyusui, Manfaat Daun Katuk untuk Ibu Hamil Muda dan Tua, Manfaat Daun Katuk Untuk Ibu Hamil dan Ibu Menyusui, Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan Tubuh, Kandungan Daun Katuk, Cara Memasak Daun Katuk, Bahaya / Efek Samping Daun Katuk, Manfaat Daun Katuk untuk Pria dan Wanita.


Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan, Ibu Hamil, dan Ibu Menyusui, serta Efek Sampingnya -- Ketika mendengar nama daun katuk, pastinya sudah tidak aneh lagi bagi kita. Sebab, daun katuk sering dimanfaatkan oleh para kaum wanita, baik perempuan yang sedang hamil ataupun menyusui.

Masyarakat kita, khususnya bagi para kaum ibu yang mempunyai bayi sering memanfaatkan daun katuk sebagai materi untuk melancarkan ASI. Namun disamping itu, daun katuk juga sering diolah untuk dijadikan sebagai kuliner dengan cara ditumis atau di sayur.

Dalam bahasa latin, daun katuk disebut dengan sauropus androgynus adalah sejenis tumbuhan yang termasuk ke dalam suku menir-meniran atau dalam bahasa latin disebut dengan nama phyllantheae. Tanaman obat yang satu ini masih satu keluarga dengan cermai, menteng dan juga cermai.

Selain sering dimanfaatkan sebagai sayuran, daun katuk juga ternyata sudah semenjak dulu dikenal sebagai tumbuhan obat yang sangat berkhasiat. Hal ini dikarenakan, di dalam daun katuk mengandung aneka macam zat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Beberapa kandungan gizi / nutrisi yang terkandung di dalam daun katuk diantaranya adalah mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, protein, lemak, kalsium, fosfor dan juga zat besi.

Berdasarkan dari hasil penelitian menandakan bahwa kandungan senyawa utama yang ada dalam daun katuk adalah senyawa sterol yang mempunyai sifat astrogenik, kandungan senyawa tersebut dipercaya sangat bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI. Selain itu, dau katuk juga mengandung efedrin yang terbukti efektif untuk meredakan tanda-tanda flu,

Dilihat dari aneka macam kandungan gizi dan nutrisinya, daun katuk ini mempunyai banyak sekali keuntungannya untuk kesehatan tubuh. Selain itu, daun katuk juga sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Untuk lebih jelasnya, eksklusif saja kita simak ulasannya dibawah berikut ini.

Beragam Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan, Ibu Hamil, dan Ibu Menyusui

Berikut ini aneka macam manfaat daun katuk untuk kesehatan, ibu hamil, dan ibu menyusui yang perlu diketahui, diantaranya adalah :

1. Melancarkan Produksi ASI

Manfaat daun katuk untuk kesehatan lainnya adalah dipercaya ampuh untuk membantu merangsang produksi ASI. Sudah bukan diam-diam lagi jikalau daun katuk mempunyai manfaat untuk meningkatkan kualitas dan produksi ASI, lantaran di dalam daun katuk mengandung nutrisi penting ibarat vitamin A, B1 dan juga vitamin C serta kaya akan kandungan mineral penting ibarat kalsium, kalium, fosfor dan juga zat besi.

Jadi, bagi ibu-ibu yang sedang menyusui bayinya, baik sekali untuk mengkonsumsi daun katuk biar ASI yang dihasilkan bisa lancar dan mencukupi kebutuhan bayi.

2. Sumber Vitamin C

Untuk mendapat asupan vitamin C tidak harus selalu didapatkan dari aneka buah-buahan saja, tetapi juga bisa anda dapatkan dari daun-daunan atau sayuran. Salah satu jenis dedauan yang mengandung vitamin C adalah daun katuk. Ciri-ciri adanya kandungan vitamin C pada daun katuk ini bisa anda rasakan pada ketika mengkonsumsinya, akan terasa rasa sedikit asam pada daunya.

Manfaat vitamin C adalah terbukti efektif untuk menyembuhkan sariawan, dengan mengkonsumsi daun katuk sanggup membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan, bibir kering dan pecah-pecah. Selain itu, manfaat mengkonsumsi daun katuk juga dipercaya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian, tubuh tidak akan gampang sakit dan terjangkit penyakit.

3. Memperbaiki Sel Tubuh yang Rusak

Di dalam daun katuk mengandung senyawa efedrin dan juga vitamin C yang sanggup membantu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak ketika sedang sakit. Akibat dari rusaknya sel-sel tubuh sanggup menciptakan fungsi dari organ-organ tubuh menjadi terganggu. Dengan rutin mengkonsumsi daun katuk, tubuh akan melaksanakan regenerasi untuk menggant sel-sel tubuh dengan yang baru.

4. Baik Untuk Mendetoksifikasi Tubuh

Manfaat mengkosumsi daun katuk juga sangat baik untuk memberishkan sisa-sisa dari proses metabolisme tubuh, sehingga racun-racun yang mengendap dalam tubuh akan dikeluarkan melalui proses detoksifikasi.

5. Mencegah Kanker Payudara

Daun katuk juga mengandung kaempferol yang termasuk dalam flavonoid alami yang ibarat dengan estrogen, kaempferol tersebut akan sanggup menyatu dengan reseptor estrogen dan sekaligus meningkatkan imbas dari egonis atau antagonis yang berasal dari estrogen. Maka dengan rutin mengkonsumsi daun katuk ini dipercaya bisa mencegah pembentukan kanker payudara.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat daun katuk juga baik untuk memelihara kesehatan kulit dan mencegah aneka macam problem kulit, terutama pada kulit wajah. Cukup dengan mengoleskan air perasan dari daun katuk secara rutin pada kulit, maka kulit akan terhindar dari problem kulit.

7. Meningkatkan Kualitas Sperma

Daun katuk juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas sperma, lantaran di dalam daun katuk mengandung zat aktif yang dapa merangsang sintesis hormone steroid sama ibarat progesterone dan juga testosteron. Maka dengan rutin mengkonsumsi daun katuk, vitalitas, kualitas dan juga kuantitas sperma kaum laki-laki akan menjadi meningkat.

8. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat yang terkandung di dalam daun katuk sangat bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan, sehingga proes kerja dari pencernaan akan berjalan dengan baik dan lancar serta terhindar dari aneka macam gangguan pada pencernaan ibarat sembeli dan susah buang air besar.

9. Baik untuk Diet

Daun katuk sangat baik untuk anda yang sedang menjalani aktivitas diet untuk menurunkan berat badan, lantaran dengan rutin mengkonsumsi daun katuk sanggup membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh, sehingga aktivitas diet yang anda jalankan bisa mendapat hasil yang optimal.

10. Ampuh Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Selai disebabkan oleh faktor keturunan, penyakit darah tinggi atau hipertensi juga bisa disebabkan oleh lantaran berat tubuh berlebih atau akhir dari rendahna kadar kalium dalam tubuh. Jika tidak segera diatas, penyakit hipertensi bisa berdampak jelek bagi kesehatan tubuh, lantaran sanggup menyebkan komplikasi terkena aneka macam jenis penyakit berbahaya lainnya ibarat penyakiot jantung dan terjadinya gangguan pada pembuluh darah.

11. Mencegah Kanker

Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh Drh. Fitriya Nur Annisa Dewi, PhD menjelaskan bahwa, di dalam daun katuk mengandung kaempferol yang merupakan senyawa flavonoid alami. Senyawa tersebut terbukti sangat ampuh untuk mencegah kanker.

Hal ini dikarenakan, zat tersebut dipercaya sanggup bersati dengan kandungan reseptor esterogen dan juga mendorong imbas agonis dan juga antagonis dari esterogen. Dari hasil inovasi epidiomedikal, kandungan flavonol yang terdapat pada daun katuk juga terbukti masih mempunyai keterkaitan dengan penurunan resiko penyakit kanker payudara.

12. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain kaya akan kandungan kaemferol, di dalam daun katuk juga kaya akan kandungan kalsium yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah kerusakan pada tulang akhir kurang mendapat asupan kalsium, salah satunya adalah mencegah penyakit osteoporosis.

Osteoporosis merupakan kondisi dimana tulang mengalami proses pengeroposan, sehingga sangat penting sekali untuk selalu mendapat asupan kalsium dalam jumlah cukup setiap harinya. Di dalam setiap 100 gram daun katuk mengandung 240 mg kalsium, jumlah tersebut sangatlah besar jikalau dibandingkan dengan kandungan kalsium di dalam kol.

Maka, jikalau anda ingin mempunyai tulang yang sehat dan kuat, sebaiknya anda rutin mengkonsumsi daun katuk. Disamping itu, anda juga tetap harus mendapat asupan kalsium dari sumber kuliner lain ibarat susu atau keju. Tidak lupa untuk selalu ditunjang dengan olahraga secara rutin dan teratur, sehingga kepadatan tulang akan selalu terbentuk.

13. Memelihara Kesehatan Mata

Makanan sehat untuk mata tidak hanya wortel, ternyata daun katuk juga mempunyai peranan penting dalam menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan, di dalam daun katuk mengandung vitamin A dan juga betakaroten yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah munculnya problem kesehatan pada mata ibarat katarak, mata rabun dan juga degenerasi makula.

14. Mencegah Anemia

Pada dasarnya, hampir semua jenis sayuran hijau mengandung zat besi yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Dengan rutin mengkonsusi daun katuk ternyata terbukti sangat ampuh untuk mecegah dan mengatasi anemia, lantaran kandungan zat besi bermanfaat untuk membantu produksi sel darah merah dalam tubuh.

Maka dari itu, daun katuk juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, lantaran ibu hamil sangat rentan terkena penyakit anemia. Dengan terjaganya asupan zat besi pada ibu hamil, kesehatan ibu hamil dan janin akan senantiasan terjaga.

15. Menurunkan Demam

Di dalam daun katuk juga mengandung zat yang mempunyai kegunaan untuk menurunkan demam pada tubuh anda ataupun anak. Untuk menurunkan demam dengan daun katuk, anda cukup memasak daun katuk untuk dijadikan sebagai sup dan kemudian berikan kepada anak anda yang sedang menderita deman. Selain sanggup menurunkan demam, makan sayur daun katuk juga bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan anak anda.

16. Mengobati Influenza

Influenza memang sering dianggap penyakit biasa yang tidak berbahaya dan mematikan, namun meski tidak berbahaya penyakit ini tetap akan mengganggu, apalagi jikalau produksi ingus terjadi terus menerus tentunya akan menciptakan kita merasa tidak nyaman. Penyakit influenza sendiri disebabkan oleh lantaran daya tahan tubuh yang sedang lemah, sehingga virus gampang sekali menyerang pertahanan tubuh sanggup menimbulkan flu.

Untuk mengobati influenza, anda bisa coba mengkonsumsi sayur daun katuk hangat secara rutin, lantaran kandungan vitamin C yang terkandung di dalam daun katuk bisa menghentikan abses yang disebabkan oleh virus influenza. Disamping itu, imbangi dengan minum air putih dan istirahat cukup untuk mempercepat proses penyembuhannya.

17. Baik Untuk Metabolisme Tubuh

Di dalam daun katuk mengandung sumber klorofil yang cukup tinggi, meskipun mengandung klorofil dalam jumlah yang cukup tinggi, tapi kandungan air yang dihasilkan dari daun katuk ini tidak berwarna hijau pekat.

Klorofil sendiri bermanfaat untuk membantu mengeluarkan sisa-sisa dari proses metabolisme tubuh. Selain itu, klorofil juga berfungsi sebagai antioksidan yang bisa membasmi parasit, virus dan juga kuman yang masuk ke dalam tubuh. Kemudian sisa-sisa dari metabolisme tubuh tersebut akan dikeluarkan dari dalam tubuh bersamaan dengan urin dan feses.

18. Meredakan Batuk

Mengkonsumsi sayur daun katuk dipercaya efektif untuk meredakan batuk, baik itu batuk kering maupun batuk berdahak. Maka jikalau anda atau anak anda sedang terjangkit batuk, anda bisa mengkonsumsi sup daun katuk hangat.

19. Mengobati Asma

Penyakit asma memang tidak bisa disembuhkan, akan tetapi penderita asma bisa berupaya untuk menghindari hal-hal yang sanggup menjadi faktor penyebab kambuhnya asma, ibarat minum minuman dingin, berada di daerah yang mempunyai tingkat polusi tinggi, berada di daerah yang mempunyai suhu udara cuek dan juga akhir dari daya tahan tubuh yang lemah.

Maka untuk mencegah biar penyakit asma anda tidak sering kambuh, selain menghindar faktor yang menjadi penyebabnya disarankan biar anda juga konsumsi kuliner atau obat alami yang sanggup meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi daun katuk.

20. Mengobati Wasir atau Ambeien

Manfaat daun katuk berikutnya yang penting untuk anda ketahui adalah dipercaya ampuh untuk mengobati wasir atau ambeien, lantaran di dalam daun katuk mengandung serat alami yang cukup tinggi dan bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Maka bagi anda yang sedang menderita wasir, sebaiknya rutin mengkonsumsi daun katuk biar penyakit wasir yang sedang anda derita tidak bertambah parah dan berangsur-angsur bisa sembuh.

B. Cara Mengolah Daun Katuk

Cara mengolah daun katuk tidak berbeda jauh dengan cara memasak sayur pada umumnya, bisa dimasak sesuai selera. Banyak orang yang menganggap jikalau rasa daun katuk tidak seenak sayuran hijau lainnya ibarat bayam, kangkung, sawi dan aneka jenis sayuran hijau lainnya. Meskipun cara pengolahan dari daun katuk ini tidak berbeda jauh, namun ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan ketika mengolah daun katuk, adalah sebaiknya jangan memasak daun katuk terlalu lama.

Sebab, jikalau daun katuk dimasak terlalu usang sanggup menciptakan kualitas dan nutrisi yang terkandung dari daun katuk tersebut akan berkurang. Kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalam daun katuk akan mengalir keluar pada ketika dimasak lama.

Untuk menanggapi hal tersebut, maka disarankan biar menambahkan santan pada ketika mengolah daun katuk, lantaran penambahan santan sanggup meningkatkan manfaat daun katuk itu sendiri lantaran kandungan provitamin A yang terkandung di dalamnya akan bermetamorfosis vitamin A.

C. Efek Samping Daun Katuk

Meski banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi daun katuk, tetapi perlu untuk diwaspadai lantaran di dalam daun katuk mengandung zat yang sanggup menjadikan imbas jelek bagi kesehatan jikalau dikonsumsi secara berlebihan dan dalam jangka panjang.

Jika mengkonsumsi daun katuk mentah lebih dari 150 gram selama 2 ahad sanggup menjadikan imbas sulit tidur dan juga menimbulkan sesak nafas. Kasus ibarat ini juga pernah terjadi di Taiwan ketika lebih dari 40 orang mengkonsumsi jus daun katuk mentah, sehingga hasilnya tanda-tanda tersebut menyerang. Tetapi tanda-tanda tersebut berangsur-angsur berkurang dan menghilang sehabis konsumsi daun katuk mentah ini tidak boleh selama 40-44 hari. Selain itu, mereka yang mengkonsumsi jus daun katuk mentah selama 22 bulan mengalami tanda-tanda bronchitis.

Berdasarkan isu yang kami dapatkan dari smallcrab.com menjelaskan bahwa sudah semenjak 1995, masyarakat Amerika yang mengkonsumsi daun katuk goreng dan salad daun katuk untuk dipakai sebagai obat antiobesitas. Namun sehabis dilakukan penelitian pada 115 pasien penderita brochitis, telah diketahui hampir semua pasien yang berumur rata-rata 22-65 tahun sebelumnya mereka banyak yang mengkonsumsi daun katuk.

Selain itu, kasus kelainan paru-paru juga sering terjadi pada pasien-pasien tersebut, sehingga tindakan pengobatan yang dilakukan hampir tidak menawarkan reaksi yang siginifikan dan sehabis 2 tahun dikabarkan ada 6 pasien yang dinyatakan telah meninggal dunia.

Menurut isu yang kami dapatkan dari sovianchoeruman.wordpress.com, kandungan protozoa yang terkandung dalam daun katuk dianggap sebagai penyebab utamanya. Maka dari itu, bagi anda yang ingin mengkonsumsi daun katuk sebaiknya jangan dikonsumsi secara berlebihan dan pastikan direbus terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Langkah perebusan ini dilakukan untuk mengeluarkan zat racun yang terkandug di dalam daun katuk.

Baca Juga : 25 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Wanita

Itulah ulasan mengenai 20 Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan, Ibu Hamil, dan Ibu Menyusui, serta Efek Sampingnya. Semoga ulasan diatas sanggup bermanfaat bagi anda semua.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Ayo menyebarkan isu ini pada teman lainnya. Like juga halaman fb blog ini. Baca juga ya artikel lainnya yang ada di blog ini. Cukup sekian dan salam sehat untuk semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel