KEUTAMAAN MEMBACA DAN MERENUNGKAN AYAT KURSI

عَنْ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ رضي الله عنه: قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم : يَا أَبَا الْمُنْذِرِ! أَتَدْرِي أَيُّ آيَةٍ مِنْ كِتَابِ اللَّهِ مَعَكَ أَعْظَمُ؟ قَالَ: قُلْتُ: اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ. قَالَ: يَا أَبَا الْمُنْذِرِ! أَتَدْرِي أَيُّ آيَةٍ مِنْ كِتَابِ اللَّهِ مَعَكَ أَعْظَمُ؟ قَالَ: قُلْتُ: اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ... قَالَ: فَضَرَبَ فِي صَدْرِي وَقَالَ: وَاللَّهِ لِيَهْنِكَ الْعِلْمُ أَبَا الْمُنْذِرِ.

Dari Ubay bin Ka'ab Ra, beliau berkata, "Rasulullah Saw bersabda (kepadaku), "Wahai Abul Mundzir (Ubay bin Ka'ab), apakah kamu mengetahui ayat apakah yang paling agung dalam Al-Qur’an yang ada padamu (yang kamu hafal)?". Aku menjawab, "Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahuinya". Rasulullah Saw bersabda (lagi), "Wahai Abul Mundzir, apakah kamu mengetahui ayat apakah yang paling agung dalam Al-Qur’an yang ada padamu (yang kamu hafal)?". Maka aku berkata," (Ayat Al-Kursi) Allah tidak ada sembahan yang benar kecuali Dia Yang Maha Hidup lagi Berdiri sendiri dan menegakkan makhluk-Nya." (Q.S. Al-Baqarah : 255), maka Rasulullah Saw menepuk dadaku dan bersabda, "Demi Allah, ilmu akan menjadi kesenangan bagimu, wahai Abul Mundzir!" (H.R. Imam Muslim : 810).

Hadits yang agung ini menunjukkan besarnya keutamaan membaca dan merenungkan Ayat Al-Kursi, karena ayat ini khusus menjelaskan tentang nama-nama Allah yang Maha Indah dan sifat-sifat-Nya yang Maha Tinggi dan semua ayat atau Surah dalam Al-Qur’an yang kandungannya seperti ini kedudukannya lebih utama dan lebih mulia di bandingkan dengan yang lain.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata, "Di dalam Al-Qur’an terdapat penjelasan (tentang) nama-nama, sifat-sifat dan perbuatan-perbuatan Allah yang lebih banyak dari penjelasan (tentang) makanan, minuman dan pernikahan di syurga dan ayat-ayat yang mengandung penjelasan nama-nama dan sifat-sifat Allah lebih utama kedudukannya daripada ayat-ayat (tentang) Hari Kemudian.


Ayat yang paling agung dalam Al-Qur’an adalah Ayat Al-Kursi yang mengandung penjelasan nama-nama dan sifat-sifat Allah sebagaimana yang di sebutkan dalam hadits shahih riwayat Imam Muslim dari Nabi Muhammad Saw, bahwa Beliau Saw bersabda kepada Ubay bin Ka'ab Ra, seperti hadits tersebut di atas.

Beberapa faidah penting yang terkandung dalam hadits ini adalah arti Ayat Al-Kursi sebagai ayat yang paling agung dalam Al-Qur’an adalah pahala membaca dan merenungkannya lebih besar, makna yang di kandungnya lebih agung dan pengaruh menghayati isinya untuk menguatkan iman lebih besar di bandingkan ayat-ayat lainnya.

Imam Ibnul Qayyim juga menjelaskan hal ini dalam ucapan beliau, "Sesungguhnya sebagian dari sifat dan perbuatan Allah lebih utama dari sebagian (yang lain), sebagaimana sifat rahmat-Nya lebih utama daripada sifat murka-Nya, oleh karena itu, sifat rahmat-Nya mengalahkan dan mendahului (kemurkaan-Nya).

Demikian pula firman Allah yang (termasuk) sifat-Nya, sudah di maklumi bahwa (tentu saja) firman-Nya yang mengandung pujian bagi-Nya, menyebutkan sifat-sifat (kesempurnaan)-Nya dan (kewajiban) mentauhidkan-Nya (mengesakan-Nya dalam beribadah) lebih utama daripada firman-Nya yang berisi celaan terhadap musuh-musuh-Nya dan penjelasan (tentang) sifat-sifat (buruk) mereka.

Oleh sebab itu, surat al-lkhlash lebih utama daripada surat Al-Lahab (Al-Masad) dan surah Al-lkhlash sebanding (pahala membacanya) dengan (pahala membaca) sepertiga dari Al-Qur’an, demikian pula Ayat Kursi adalah ayat yang paling utama dalam Al-Qur’an.
 

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-'Utsaimin berkata, "Hadits ini menunjukkan bahwa Al-Qur’an berbeda-beda keutamaannya (satu ayat dengan ayat yang lain), sebagaimana ini juga di tunjukkan dalam hadits tentang Surat Al-lkhlash, pembahasan masalah ini harus di perinci dengan penjelasan berikut : jika di tinjau dari (segi) zat yang mengucapkan atau berfirman (dengan Al-Qur’an), maka Al-Qur’an tidak berbeda-beda keutamaannya, karena Dzat yang mengucapkannya adalah satu, yaitu Allah, adapun jika di tinjau dari (segi) kandungan dan pembahasannya, maka Al-Qur’an berbeda-beda keutamaannya (satu ayat dengan ayat yang lain). 

Surat Al-lkhlash yang berisi pujian bagi Allah karena mengandung (penyebutan) nama-nama dan sifat-sifat Allah (tentu) tidak sama dari segi kandungannya dengan surat Al-Masad (Al-Lahab) yang berisi penjelasan (tentang) keadaan Abu Lahab.

Demikian pula Al-Qur’an berbeda-beda keutamaannya (satu ayat dengan ayat yang lain) dari segi pengaruhnya (terhadap hati manusia) dan kekuatan atau ketinggian uslub (gaya bahasanya), karena kita dapati di antara ayat-ayat Al-Qur’an ada yang pendek tetapi berisi nasehat dan berpengaruh besar bagi hati manusia, sementara kita dapati ayat lain yang jauh lebih panjang, akan tetapi tidak berisi kandungan seperti ayat tadi.

Hadits ini juga menunjukkan keutamaan agung Shahabat Ubay bin Ka'ab Ra dan ketinggian ilmunya karena suka mengamalkan Ayat Kursi.

Sumber https://wadahsufiyah.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel