15 Manfaat Daun Pecah Kaca Untuk Kesehatan Dan Pengobatan, Serta Cara Pengolahannya

15 Manfaat Daun Pecah Beling untuk Kesehatan dan Pengobatan, serta Cara Pengolahannya -- Khasiat Daun Pecah Beling untuk Kesehatan, Manfaat Daun Keji Beling Bagi Kesehatan dan Pengobatan, Kandungan Daun Pecah Beling Bagi Kesehatan, Manfaat Daun Pecah Beling dan Cara Pengolahannya, Efek Samping Daun Pecah Beling, Cara Membuat Obat Dari Daun Pecah Beling.

 Manfaat Daun Pecah Beling untuk Kesehatan dan Pengobatan 15 Manfaat Daun Pecah Beling untuk Kesehatan dan Pengobatan, serta Cara Pengolahannya

Manfaat Daun Pecah Beling untuk Kesehatan dan Pengobatan, serta Cara Pengolahannya -- Daun pecah kaca atau yang mempunyai nama latin Strobilanthes Crispus atau di beberapa kawasan dikenal juga dengan daun keji kaca merupakan jenis daun yang sudah sering kita jumpai di lingkungan sekitar kita. 

Banyak orang yang tidak tahu dan menganggap kalau daun tanaman pecah kaca ini sebagai tanaman liar yang tidak ada manfaatnya. Hal ini mungkin lantaran tanaman pecah kaca ini memang gampang tumbuh dimana saja tanpa harus dirawat, sehingga banyak orang yang menganggapnya sebagai tanaman liar. 

Namun tahukah anda, ternyata ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari daun tanaman ini. Daun pecah kaca ini merupakan salah satu jenis tanaman obat yang sangat berguna untuk penyembuhan banyak jenis penyakit dan bisa juga sebagai materi alami untuk pencegahan penyakit.

Tanaman pecah kaca ini tumbuh subur hampir di banyak sekali kawasan di Indonesia. Manfaat dari tanaman ini hampir sama dengan manfaat dari daun binahong. Penamaan dari daun pecah kaca ini cukup bermacam-macam di setiap kawasan di Indonesia. Namun lebih umumnya dikenal dengan nama daun pecah beling, meski ada yang menyebutnya dengan daun keji beling, dan masyarakat betawi lebih mengenal daun ini dengan nama daun picah beling.

Nah, untuk mengetahui apa saja manfaat dari daun pecah kaca ini, marilah kita simak ulasan selengkapnya di bawah ini yang dimulai dari kandungan zat yang ada dalam tanaman tersebut.

A. Kandungan Zat di dalam Daun Pecah Beling

Di dalam daun pecah kaca ini mempunyai banyak sekali kandungan zat dan nutrisi penting yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, sehingga daun ini sering dijadikan sebagai obat alami untuk mencegah dan menyembuhkan banyak sekali jenis penyakit.

Berikut ini beberapa kandungan nutrisi yang terkandung di dalam daun pecah beling, diantaranya yaitu :

# Vitamin C : Vitamin ini sangat bermanfaat untuk mencegah badan terkena banyak sekali jenis penyakit berbahaya menyerupai penyakit kanker.

# Viamin B1 : Vitamin ini disebut juga dengan Thiamin yang bermanfaat untuk membantu proses metabolisme tubuh.

# Vitamin B2 : Vitamin ini disebut juga dengan Riboflavin yang sangat bermanfaat untuk membantu proses pembakaran lemak, protein dan karbohidrat.

# Glikosida : zat ini sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi sembelit, menyehatkan jantung dan sanggup meredakan rasa nyeri.

# Fosfor : Jenis mineral yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak, tulang dan gigi.

# Tanin : zat yang mempunyai rasa pahit dan berfungsi sebagai zat pengumpul protein dan juga beberapa jenis senyawa penting menyerupai asam amino dan alkaloid.

# Ferum : zat ini sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan produksi hemoglobin dan sel darah merah yang diperlukan oleh tubuh.

# Natrium : zat ini sangat bermanfaat untuk membantu mengatur jumlah cairan yang ada dalam badan untuk membungkus sel dan juga cairan ekstraseluler.

# Kalium : zat ini bermanfaat untuk menjaga keseimbangan kadar cairan intraseluler dalam badan biar tetap dalam kondisi baik.

# Kalsium : zat yang bermanfaat untuk membantu mempercepat proses pembentukan tulang dan gigi, membantu proses pembekuan darah dan mencegah penyakit osteoporosis.

Daun pecah kaca ini sudah dipakai semenjak jaman nenek moyang kita untuk pengobatan penyakit, baik itu penyakit ringan maupun berat. Pengobatan alami dengan memakai daun pecah kaca ini tidak menjadikan imbas samping kalau dipakai dengan sempurna dan teratur.

B. Manfaat Daun Pecah Beling untuk Kesehatan dan Pengobatan

Berikut ini info lengkap mengenai manfaat daun pecah kaca yang perlu anda semua ketahui untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Melancarkan Buang Air Kecil

Bagi anda yang dikala ini sedang mengalami duduk kasus kesehatan susah buang air kecil atau terasa sakit dikala buang air kecil, maka anda bisa mengobatinya dengan manfaatkan daun pecah kaca ini. cara penggunaannya yaitu dengan minum air rebusan daun pecah kaca secara rutin setiap hari hingga penyakit anda sembuh.

Cara menciptakan ramuannya yaitu :
  • Siapkan 5 lembar daun pecah kaca yang muda dan segar, cuci hingga higienis dengan air mengalir
  • Setelah itu, robek-robek daun pecah kaca tersebut dan rebus dengan 1 gelas air hingga mendidih
  • Tunggu hingga air rebusannya tinggal tersisa 1/2 gelas, kemudian angkat dan saring airnya.
  • Dinginkan air rebusan daun pecah kaca ini hingga cukup hangat untuk di minum, minum secara rutin 2 kali sehari hingga buang air kecil tidak terasa sakit lagi dan menjadi lancar.

2. Meluruhkan Batu Empedu

Manfaat lain dari daun pecah kaca untuk kesehatan yaitu dipercaya bisa meluruhkan watu empedu, watu empedu ini bisa muncul akhir dari proses penggumpalan dan pengkristalan yang terjadi pada organ ginjal. Untuk meluruhkan watu empedu secara alami, anda bisa menciptakan ramuan obat herbal dari materi daun pecah beling.

Cara menciptakan ramuannya, yaitu :
  • Ambil daun pecah kaca sebanyak 5-8 lembar
  • Cuci dan rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tunggu hingga air rebusannya hanya tinggal tersisa 1 gelas
  • Tuangkan dan saring airnya, kemudian tunggu hingga airnya cukup hangat dan siap di minum.
  • Minum secara rutin 2 kali sehari sebanyak 1 gelas sekali minum, lakukan pengobatan alami ini hingga penyakit anda sembuh.

3. Mengobati Ambeien

Ambeien atau wasir terjadi akhir hemoroid yaitu pelebaran pada pembuluh balik vena atau yang disebut dengan pembengkakan submukosa di cuilan anus dan rektum, dimana kondisi ini akan semakin menekan akhir pedoman darah dan menciptakan pembuluh darah yang ada di area anus semakin melebar dan bahkan bisa terjadi pendarahan apabila ambeiennya sudah parah.

Untuk mengobati penyakit ambeien atau wasir ini, anda bisa memanfaatkan daun pecah kaca dengan cara minum air rebusan daun pecah beling. Hal ini dikarenakan, kandungan serat dan zat lain yang terkandung di dalam daun pecah kaca ini dipercaya efekif untuk menyembuhkan ambeien.

Cara menciptakan ramuannya, yaitu :
  • Ambil daun pecah kaca sebanyak 10-15 lembar, kemudian cuci dan rebus dengan 3 gelas air
  • Rebus hingga air nya hanya tinggal tersisa 2 gelas saja
  • Lalu minum 2 kali sebanyak 1 gelas pada pagi hari dan 1 gelas pada malam hari sebelum tidur.
  • Lakukan pengobatan ini secara rutin setiap hari hingga sembuh

4. Mengobati Sakit Kuning / Liver

Penyakit kuning ialah jenis penyakit yang menyerang organ liver. Penyakit ini umumnya di alami oleh bayi yang gres lahir, namun penyebab penyakit kuning pada bayi akhir kurang terkena sinar matahari, dan cara menyembuhkannya cukup dengan rutin menjemur badan bayi di pagi hari. 

Sedangkan penyakit kuning yang dialami oleh orang cukup umur bisa disebabkan oleh banyak faktor. Salah satu cara menyembuhkannya yaitu dengan rutin minum air rebusan daun pecah kaca secara rutin 2 kali sehari.

5. Mengobati Penyakit Kencing Batu

Penyakit kencing watu ini bisa terjadi akhir adanya watu ginjal, orang yang menderita penyakit ini akan mencicipi sakit ketika buang air kecil dan bahkan kalau kondisinya sudah sangat parah bisa hingga mengeluarkan darah yang bercampur dengan air seni.

Salah satu cara mengobati kencing watu secara alami yaitu bisa dengan memanfaatkan daun pecah beling, lantaran di dalam daun pecah kaca ini mengandung senyawa yang dipercaya efektif untuk menyembuhkan penyakit kencing batu.

6. Mengobati Batu Ginjal

Manfaat daun pecah kaca juga dipercaya bisa mengobati penyakit watu ginjal. Batu ginjal atau dalam istilah medis dikenal dengan nama nefrolitiatis merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh lantaran adanya suatu material keras yang terbentuk di dalam organ ginjal. Material keras tersebut ialah tumpukan sisa zat limbah yang ada dalam darah, kemudian disaring oleh ginjal kemudian mengendap dan mengeras di dalamnya.

Salah satu cara menghancurkan dan mengeluarkan watu ginjal tersebut bisa dilakukan dengan cara minum air rebusan daun pecah kaca ini, lantaran daun pecah biling dipercaya bisa meleburkan watu ginjal dan mengeluarkannya bersama urine.

7. Mencegah dan Mengatasi Sembelit

Minum air rebusan daun pecah biling sanggup membantu mencegah dan mengatasi sembelit, sehingga kalau diminum secara rutin sanggup menciptakan organ pencernaan menjadi lebih sehat. Untuk mengatasi sembelit, anda bisa rutin minum air rebusan daun pecah kaca ini secara rutin minimal 3 kali seminggu.

8. Mencegah Kanker dan Tumor

Kanker dan tumor merupakan jenis penyakit yang populer berbahaya serta mematikan, tidak sedikit pasien yang menderita kanker dan tumor meninggal dunia. Hingga dikala ini dalam dunia medis memang belum ditemukan obat yang efektif untuk membunuh kanker dan tumor ganas.

Semua orang berpotensi terkena penyakit kanker dan tumor, namun penyakit ini bisa dicegah dengan menerapkan contoh hidup sehat dan contoh makan sehat setiap hari. Selain itu, cara alami lain yang efektif untuk mencegah kanker dan tumor yaitu dengan rutin minum air rebusan daun pecah beling. Sebab, di dalam daun pecah kaca mengandung senyawa antioksidan dan senyawa yang bersifat antikanker.

Untuk anda yang ingin terhindar dari penyakit mematikan ini, anda bisa rutin minum air rebusan daun pecah kaca secara rutin minumal 1 kali dalam seminggu.

9. Menyembuhkan Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes sanggup terjadi pada badan yang sudah tidak bisa lagi untuk memproduksi insulin dalam jumlah cukup setiap harinya, hormon ini bertugas untuk mengelola kadar gula darah dalam tubuh. Jika kadar unsulin yang diproduksi terlalu sedikit, maka tidak akan bisa bekerja secara optimal dalam mengarut kadar gula darah. Kondisi inilah yang menciptakan kadar gula darah dalam badan meningkat dan menimbulkan seseorang menderita penyakit diabetes.

Salah satu cara untuk menyembuhkan penyakit diabetes ini, anda bisa rutin minun air rebusan daun pecah beling. Karena di dalam daun pecah kaca mengandung jenis zat yang sanggup membantu badan untuk menghasilkan kadar insulin lebih banyak, dengan begitu kadar gula darah pun akan berangsur-angsur menurun.

Untuk menyembuhkan penyakit diabetes ini, cobalah untuk rutin minum air rebusan daun pecah kaca ini 2 kali sehari sebanyak 1 gelas setiap kali minum. Disamping itu anda tetap harus rutin melaksanakan investigasi medis untuk mengetaui perubahannya.

10. Mencegah Kolesterol

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi bisa menimbulkan badan terkena banyak sekali jenis penyakit berbahaya, menyerupai penyakit jantung, hipertensi dan juga stroke. Kolesterol tinggi sanggup disebabkan oleh lantaran contoh makan yang tidak sehat dan juga jarangnya melaksanakan acara fisik menyerupai olahraga.

Selain dengan menerapkan contoh makan sehat dan rajin berolahraga, minum air rebusan daun pecah kaca juga sanggup menjadi solusi alternatif untuk mencegah peningkatan kolesterol berlebih.

11. Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang

Di dalam daun pecah kaca juga mengandung mineral penting berupa kalsium dan fosfor, kedua kandungan mineral ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi biar tetap besar lengan berkuasa dan terhindar dari kerusakan. Untuk menjaga biar tulang dan gigi tetap sehat dan kuat, anda bisa rutin minum air rebusan dan pecah kaca paling tidak seminggu sekali.

12. Menghilangkan Gatal-Gatal pada Kulit

Daun pecah kaca juga bisa kita manfaatkan sebagai materi alami untuk menghilangkan gatal-gatal, baik lantaran di gigit serangga, nyamuk atau penyabab lainnya. Cara menghilangkan gatal-gatal pada kulit yaitu bisa dilakukan dengan daun pecah beling.

Caranya yaitu dengan menumbuk daun pecah kaca secukupnya dan gosok-gosokan pada cuilan kulit yang terasa gatal. Diamkan selama 15 menit, kamudian cuci dengan air bersih.

13. Mengobati Diare

Diare ialah kondisi dimana seseorang terus-menerus buang air besar, gejala seseorang sedang terkena diare tinja atau feses akan bermetamorfosis encer atau lembek. Memang terdengar sepele, tapi kalau diare ini berlangsung usang tentu akan berbahaya bagi orang yang menderitanya.

Tubuh orang yang menderita diare akan mengalami dehidrasi, kalau di alami oleh bayi dan balita berpotensi besar menimbulkan kematian. Maka dari itu, anda  bisa mengobatinya dengan meminum air rebusan daun pecah beling.

14. Mengobati Sakit Maag

Selain dipercaya ampuh untuk mengatasi diare, ternyata daun pecah kaca juga bermanfaat untuk mengobati sakit maag. Maag ialah salah satu gangguan kesehatan yang terjadi pada pencernaan, kondisi ini sanggup di picu oleh kadar asam lambung yang terlalu tinggi sehingga menimbulkan lambung mengalami iritasi.

Salah satu cara alami yang ampuh untuk mengobati sakit maag, anda bisa rutin minum air rebusan daun pecah kaca 2 kali sehari pagi dan malam sebelum tidur.

15. Mengobati Penyakit Disentri

Disentri merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang usus, usus akan mengalami infeksi dan pada karenanya sanggup menimbulkan seseorang yang terkena penyakit ini mengalami diare yang disertai dengan keluarnya lendir atau bahkan darah dikala BAB.

Salah satu cara alami yang dipercaya ampuh untuk mengobati penyakit disentri ini yaitu dengan rutin minum air rebusan daun pecah beling. Kandungan zat antibakteri yang terkandung di dalam pecah bulan ini bisa membasmi kuman yang menjadi penyebab disentri dan sekaligus menyembuhkan infeksi yang terjadi pada usus. 

Cobalah rutin minum air rebusan daun pecah kaca sebanyak 1 gelas sekali minum, minum secara rutin 2 kali sehari pada pagi sebelum sarapan dan malam sebelum tidur. Lakukan pengobatan alami pada penyakit disentri ini hingga penyakitnya benar-benar sembuh.

Catatan :
  • Informasi yang kami bahas dalam artikel diatas sifatnya hanya sebatas pengetahuan saja, sehingga kami sarankan biar anda mengkonsultasikannya terlebih dahulu kepada dokter sebelum anda memakai daun pecah kaca untuk mengobati penyakit yang sedang anda derita dikala ini.
  • Di dalam daun pecah kaca juga mengandung zat-zat kimia yang berbahaya kalau dikonsumsi secara berlebihan, sehingga akan ada imbas samping yang ditimbulkan. 

Demikian ulasan yang bisa kami sampaikan dalam pembahasan kali ini mengenai 15 Manfaat Daun Pecah Beling untuk Kesehatan dan Pengobatan, serta Cara Pengolahannya. Semoga info yang kami sampaikan di atas sanggup bermanfaat untuk anda semua.

Terima kasih telah membaca info ini. Ayo turut bagikan info ini pada sobat lain yang membutuhkan. Baca juga artikel lainnya di blog ini. Cukup sekian salam sehat selalu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel