Belajar Sholat Untuk Anak Melalui Aplikasi Smartphone Berbasis Android

Ibadah shalat yakni salah satu media komunikasi antara insan dengan Allah SWT. Di samping itu, rukun Islam yang kedua ini juga merupakan amaliah ibadah seorang hamba kepada Khaliknya sebagai media untuk mendekatkan diri. Dalam agama Islam, shalat menempati kedudukan tertinggi dibandingkan dengan ibadah- ibadah yang lain, bahkan kedudukan shalat dalam Islam sangat besar sekali hingga tak ada ibadah lain yang bisa menandinginya.

Sering kali sebagian umat Islam melupakan kewajibannya sebagai mahluk yang paling tepat yaitu shalat, atau terkadang tahu wacana kewajiban tapi tidak mengerti terhadap apa yang dilakukan.

Shalat fardhu lima waktu itupun tak ubahnya sebuah tiang utama penopang sebuah bangunan. Jika tiang tersebut ringkih atau tidak kuat, pasti akan roboh bangunan yang disanggahnya. Rasulullah saw. telah bersabda “Shalat itu yakni tiang agama (Islam). Maka, barang siapa mendirikannya, maka tolong-menolong ia telah mendirikan agama (Islam) itu dan barang siapa yang merobohkannya, maka sungguh ia telah merobohkan agama (Islam).” (HR.Baihaqi)

Banyak orang yang sudah memahami tata cara sholat, namun masih sedikit orang yang menjalankan sholat menurut aturan dan hadits sebagaimana yang diriwayatkan oleh Rasulullah SAW.

 Pendidikan mengenai sholat biasanya diajarkan dengan metode yang konvensional menyerupai contohnya di sekolah dengan bimbingan guru maupun di rumah dengan bimbingan orang tua. Namun pendidikan yang disampaikan oleh guru kepada anak- anak di sekolah, tidak sepenuhnya diterima dan dimengerti oleh anak-anak. Kebanyakan guru hanya memakai buku sebagai panduan dan menjelaskan secara ringkas. Sehingga belum dewasa merasa jenuh dengan pendidikan yang disampaikan oleh guru dan menyebabkan kurangnya minat mencar ilmu bagi anak-anak.


Kurangnya minat mencar ilmu bagi anak tentunya menjadi dilema bagi para orang renta di rumah untuk meningkatkan semangat mencar ilmu anak-anak. Dunia pendidikan di jaman kini sangatlah berbeda dengan pendidikan jaman dahulu. Kurikulum yang diterapkan selalu selangkah lebih maju. Hal ini menjadikan pembelajaran berbasis teknologi menjadi salah satu alternatif untuk melaksanakan pembelajaran. Seiring dengan tingkat mobilitas yang tinggi handphone yang semula hanya untuk media komunikasi kini bisa melebihi fungsi dasarnya, banyak sekali macam fitur sudah bisa dirasakan diberbagai handphone yang ada ketika ini dari kamera, video, pengolah data, dokumen dan lain sebagainya. Hal ini tak lepas dari penggunaan sistem operasi pada handphone. Layaknya komputer handphone ketika ini sanggup diinstal dengan banyak sekali macam kegiatan yang diinginkan.

Salah satu sistem operasi yang sangat diminati ketika ini yakni Android. Android memiliki kelebihan di bidang pengembangan aplikasi, dengan sistem open source kegiatan Android sanggup dibentuk oleh siapa saja dengan gratis. Android memiliki tujuan utama untuk memajukan penemuan piranti telepon bergerak biar pengguna bisa mengeksplorasi kemampuan dan menambah pengalaman lebih dibandingkan dengan plaform mobile lainya. Hingga ketika ini Android bisa berkembang lebih pesat dari para pesaingnya dari segi sistem maupun aplikasinya. Oleh alasannya yakni itu banyak aplikasi-aplikasi yang diciptakan dengan berbasis Android. Seperti yang akan dibahas dalam penelitian kali ini yaitu Aplikasi Tuntunan Sholat Berbasis Android.

Pada aplikasi tuntunan sholat yang telah ada sebelumnya user hanya sanggup membaca dan mendengar bacaan-bacaan sholat dan melihat gambar saja. Oleh alasannya yakni itu, penulis akan menciptakan sebuah aplikasi mobile mengenai tuntunan sholat yang dalam pembelajarannya akan menyajikan cara yang berbeda. Dalam aplikasi yang akan penulis bangkit ini nantinya berbasis multimedia, dimana user tidak hanya sanggup membaca dan melihat gambar, tetaapi user nantinya juga sanggup mendengarkan bacaan-bacaan do’a dalam sholat, menonton video sholat dan juga sistem yang akan penulis bangkit ini nantinya akan menampilkan gerakan shalat yang baik dan benar.

Dengan didukungnya oleh perkembangan sistem operasi pada mobile khususnya Android, dilema yang dihadapi para orang renta sanggup teratasi. Orang renta tidak perlu repot-repot membuka buku sebagai panduan mencar ilmu untuk anak-anak, cukup dengan membuka telepon genggam maka orang renta sanggup menawarkan bimbingan mencar ilmu di rumah dan meningkatkan pembelajaran tuntunan sholat bagi anaknya.


Sumber https://pakarmakalah.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel