25 Manfaat Kencur Dan Kunyit Untuk Kesehatan Dan Pengobatan, Serta Cara Mengolahnya

25 Manfaat Kencur dan Kunyit untuk Kesehatan dan Pengobatan, serta Cara Mengolahnya -- Khasiat Kencur dan Kunyit untuk Kesehatan, Khasiat Jamu Kunyit Jahe Kencur, Manfaat Kencur dan Kunyit untuk Kecantikan, Manfaat Kencur dan Kunyit untuk Wanita dan Pria, Efek Samping Kencur dan Kunyit, Khasiat Kencur untuk Pengobatan, Manfaat Mengonsumsi Air Jahe - Kunyit - Kencur.


Manfaat Kencur dan Kunyit untuk Kesehatan dan Pengobatan, serta Cara Mengolahnya
 -- Kencur dan kunyit merupakan salah satu jenis flora obat yang sudah sangat terkenal mempunyai banyak sekali khasiatnya untuk kesehatan tubuh. Kedua jenis flora herbal ini gampang sekali kita temukan di sekitar kita, lantaran kencur dan kunyit biasanya sering dijadikan sebagai bumbu kuliner pada aneka macam aneka kuliner rumahan.

Namun dalam dunia pengobatan tradisional, kencur dan kunyit sering kali dijadikan sebagai materi dalam pembuatan ramuan obat yang berguna untuk mengobati aneka macam jenis penyakit, mulai dari penyakit ringan hingga berat. Hal ini dikarenakan, di dalam kencur dan kunyit mengandung aneka macam kandungan zat penting yang sangat baik untuk tubuh.

Untuk mengetahu kandungan dan manfaat apa saja yang ada pada kencur dan kunyit, anda bisa simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

A. Manfaat Kencur untuk Kesehatan dan Pengobatan

Kencur termasuk jenis flora obat yang mempunyai rimpang beraroma harum. Dalam bahasa latin kencur dikenal dengan nama Kaempferia galanga dan masih satu famili dengan jahe (Zingiberaceae). Keluarga jahe-jahean sudah terkenal semenjak dulu sebagai flora obat yang sangat berkhasiat, sehingga kencur sudah sering dijadikan sebagai materi dasar dalam pembuatan jamu tradisional. Tanaman kencur sendiri banyak tumbuh wilayah beriklim tropis dan subtropis menyerupai di Indonesia, Tiongkok, Jepang Dan Bangladesh.

Manfaat dan khasiat kencur terbukti sangat efektif untuk mengobati aneka macam jenis penyakit, bahkan flora obat ini juga sering dijadikan sebagai materi untuk membuat minuman penghilang rasa cemas, stres dan depresi. Di Indonesia, kencur sudah dimanfaatkan olah masyarakat sebagai materi untuk pembuatan obat tradisional semenjak berpuluh-puluh tahun. Bahkan ketika ini kencur juga sering dipilih sebagai materi dasar dalam pembuatan obat modern atau obat herbal pabrikan.

Berbagai kandungan zat yang ada dalam kencur terbilang kondusif untuk tubuh, sehingga kencur sering dijadikan sebagai materi membuat jamu beras kencur yang sering dipopulerkan oleh para tukang jamu kelili atau jamu gendong.

Dengan minum jamu beras kencur secara rutin dan teratur sangat baik untuk kesehatan tubuh dan mecegah aneka macam jenis penyakit. Untuk mengetahui bermacam-macam khasiat dari jamu beras kencur untuk kesehatan tubuh, diantaranya ialah :

1. Menambah Nafsu Makan

Minum ramuan air beras kencur secara rutin diyakini sanggup bermanfaat untuk menambah nafsu makan. Jamu beras kencur tidak hanya cocok di minum oleh orang cukup umur dan orang renta saja, tetapi juga sangat baik diminum oleh belum dewasa yang sedang mempunyai duduk kasus dengan nafsu makannya. Hal ini dikarenakan, di dalam dkencur mengadung minyak atsiri yang sudah sangat terkenal dan popler di kalangan masyarakat yang sanggup menambah nafsu makan anak pada masa pertumbuham

2. Melindungi Dinding Lambung

Beras kencur juga sangat bermanfaat untuk mempertebal dinding lambung, sehingga jamu ini sangat baik sekali bila diminum secara rutin dan teratur oleh pasien yang sedang menderita sakit maag.

3. Menghilangkan Rasa Capek dan Pegal-Pegal

Minum ramuan jamu yang terbuat dari kencur sangat baik untuk menghilangkan rasa capek dan juga pegal-pegal pada tubuh. Maka bagi anda para pekerja keras, sebaiknya minumlah ramuan beras kencur secara rutin dan teratur biar tubuh kembali sehat dan segar.

4. Meningkatkan Vitalitas

Bagi para kaum laki-laki dewasa, minum jamu beras kencur secara rtin setiap hari sanggup membantu meningkatkan vitalitas para kaum laki-laki dewasa, sehingga kaum laki-laki tidak akan merasa lemas dan loyo ketika melaksanakan kekerabatan intim diatas ranjang besama dengan pasangam.

5. Mengatasi Gejala Masuk Angin

Efek hangat pada tubuh sesudah minum beras kencur diyakini sanggup membantu mengatasu tanda-tanda masuk angin, sensasi hangat pada tubuh sanggup berfungsi sebagai penghilang rasa mual dan meredakan masuk angin.

6. Penghilang Nyeri

Minum air rebusan kencur secara rutin dan teratur setiap hari sanggup berguna untuk meredakan rasa nyeri para otot-otot tubuh sesudah melaksanakan olahraga atau kegiatan pekerjaan yang cukup berat.

7. Meredakan Gejala Batuk

Selain bermanfaat untuk mengatasi masuk angin, minum ramuan herbal dari kencur ini sangat efektif untuk meredakan tanda-tanda batuk. Efek hangat pada kencur sanggup membantu meredakan gatal-gatal pada tenggorokan yang sanggup mengakibatkan sseorang batuk-batuk, sehingga pada ketika sedang terjangkit batuk dengan rutin minum air rebusan kencur hanga sanggup membuat tenggorokan menjadi lebih lega.

8. Menyegarkan Badan

Rasa hangat dan segar sesudah meminum jamu beras kencur sangat dipercaya oleh banyak kalangan masyarakat sanggup menyegarkan tubuh sesudah lelah beraktivitas seharian, sehingga rasa lelah sesudah beraktivitas pun akan hilang dan pada keesokan harinya tubuh akan kembali segar dan bugar dan siap melaksanakan kegiatan pekerjaan dengan baik.

9. Bersifat Analgesik

Salah satu kandungan zat yang terkandung di dalam kencur bersifat sebagai analgesik, kandugan zat analgesik ini sanggup bermanfaat untuk meredakan rasa sakit.

10. Melangsingkan Tubuh

Sudah semenjak usang bahwa dengan rutin minum jamu beras kencur sanggup membantu melangsingkan tubuh, lantaran kandungan zat dan imbas dari kencur ini sanggup melancarkan pencernaan, mencegah tumpukan lemak dan rasa hangat pada kencur ini sangat baik untuk membantu memperabukan lemak dalam tubuh.

11. Mengatasi Perut Mulas

Manfaat kencur juga dipercaya semenjak dulu untuk mengatasi perut mulas, lantaran kandungan minyak atsiri yang terkandung di dalam kencur sanggup dipakai untuk mengatasi perut mulas. Maka tak heran bila sudah semenjak dulu ketika perut megalami mulas, masyarakat sering membuat jamu beras kencur untuk menghentikan rasa mulas tersebut.

12. Mengobati Sariawan

Bagi anda yang sedang menderita sariawan, maka salah satu obat sariawan alami yang sudah terbukti ampuh ialah dengan minum jamu beras kencur. Hal ini dikarenakan, rasa hangat dan pedas dari kencur ini sanggup membunuh kuman dan basil yang berkembang di dalam verbal yang mengakibatkan sariawan.

13. Mengobati Sakit Kepala

Selain berguna untuk mengobati sariawan di mulut, ternyata minum ramuan beras kencur juga dipercaya ampuh untuk mengobati sakit kepala, termasuk sakit kepala sebelah atau migrain. Meskipun ketika ini ada banyak sekali obat sakit kepala yang dijual di apotik atau warung-warung, minum jamu beras kencur merupakan cara alami yang terbukti ampuh dan tanpa imbas samping apabila diminum setiap hari.

14. Mengobati Sakit Maag

Manfaat minum jamu beras kencur juga terbukti sangat ampuh untuk mengobati sakit maag, lantaran dengan rutin minum jamu yang terbuat dari kencur sanggup membantu menurunkan kadar asam lambung yang sedang tinggi. Dengan rutin minum beras kencur, maka sakit maag bisa segera diatasi dan sembuh.

15. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kandungan zat yang terdapat di dalam kencur sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan pedoman empedu, pedoman cairan empedu ini sanggup berperan penting dalam membantu melancarkan proses absorpsi kuliner dalam tubuh. Apabila kuliner ini sanggup terserap dengan baik oleh tubuh, maka kadar kolesterol dalam darah akan ikut menurun. Kadar kolesterol yang normal, maka tubuh pun akan terhindar dari aneka macam jenis penyakit kardiovaskular menyerupai penyakit hipertensi, jantung dan juga stroke.

16. Menangkal Radikal Bebas

Manfaat kencur untuk kesehatan berikutnya dipecaya sangat efektif untuk menangkal serangan radikal bebas berbahaya. Radikal bebas merupakan salah satu penyebab munculnya aneka macam jenis penyakit yang sanggup menyerang tubuh, menyerupai contohnya penyakit kanker dan aneka macam jenis penyakit berbahaya lainnya. Maka dengan minum jamu beras kencur, kandungan zat antioksidan yang ada dalam kencur sanggup menangkal dan sekaligus mengeluarkan radikal bebsa berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.

17. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Jamu beras kencur juga sangat baik untuk diminum oleh mereka yang menderita penyakit darah tinggi atau hipertensi, lantaran kandungan zat yang ada dalam kencur efektif untuk membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Baca Juga : 22 Manfaat Ginseng Untuk Kesehatan, Kecantikan, Masalah Kewanitaan, dan Pria Dewasa

B. Cara Mengolah / Membuat Jamu Beras Kencur

Jika di tempat anda cukup sulit untuk menemukan penjual jamu kelilig atau jamu gendong, anda bisa membaut jamu beras kencur sendiri dirumah. Ada beberapa materi alami yang perlu disiapkan, dosis dan proses pembuatan yang sempurna akan membuat beras kencur dengan rasa yang pas dan khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh kita.

Berikut ini cara yang bisa anda lakukan untuk membuat ramuan jamu beras kencur di rumah, ialah :

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
  • 200 gram, beras
  • 500 gram, kencur ukuran sedang
  • 100 gram, gula aren/jawa
  • 200 gram, gula pasir
  • ½ sendok teh garam
  • 1 buah, jeruk nipis (peras airnya)
  • Kayu manis, secukupnya
  • Cengkeh kering, secukupnya
  • 1,5 liter air

Cara Membuat :

Rebus semua materi di dlaam panci hingga mendidih, kemudian diamkan selama beberapa menis hingga air rebusannya cukup hangat. Saring airnya dan tuangkan ke dalam botol. Minun air ramuan jamu beras kencur diatas sebanyak setengah gelas per hari.

Baca Juga : 17 Manfaat Tanaman Jahe untuk Kesehatan dan Obat

C. Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Pengobatan

Setelah kita menguias wacana manfaat kencur, kali ini akan kita bahas mengenai manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya sanggup dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, kunyit juga ternyata sangat bermanfaat untuk dijadikan sebagai flora obat yang sangat berkhasiat.

Berikut ini beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh, diantaranya ialah :

1. Meredakan Rasa Nyeri Pada Sendi (osteoarthritis)

Di dalam kunyit mengandung zat anti-inflamasi yang diduga efektif untuk membantu meredakan rasa nyeri pada persendian jawaban penyakit osteoarthritis, ialah jenis penyakit yang sanggup menyerang area persendian sehingga mengakibatkan sendi menjadi sakit, kaku dan kehilangan fleksibelitasnya.

Berdasarkan dari hasil penelitian pertanda bahwa kinerja dari kunyit sebanding dengan zat ibuprofen yang sangat ampuh mengatasu penyakit osteoarthritis. Maka bila anda menderita penyakit osteoarthritis, maka anda bisa minum ramuan atau ekstrak kunyit sebanyak 500 mg dua kali dalam sehari.

2. Mengobati Gatal-Gatal Pada Kulit

Gatal-gatal pada kulit sanggup disebabkan oleh lantaran disebabkan oleh aneka macam faktor, bisa disebabkan oleh lantaran alergi, terkena ulat bulu atau jawaban dari efek lingkungan. Untuk mengobati gatal-gatal pada kulit, anda bisa minum ramuan yang terbuat dari ekstrak kunyit untuk melaksanakan pengobatan dari dalam. Selain itu, anda juga bisa melaksanakan pengobatan dari luar dengan membaluskan parutan kunyi pada kulit yang terasa gatal.

3. Menghilangkan Ruam Pada Kulit

Ruam pada kulit sanggup ditandai dengan munculnya bercak kemerahan. Meskipun biasanya ruam ini akan hilang dengan sendirinya, tapi bila tidak segera dihilangkan akan sangat mengganggu dan terkadang kulit terasa perih. Masalah kulit ini bisa diatasi dengan memanfaatkan kunyit. Kandungan zat dan nutrisi pada kunyit akan memperlihatkan imbas hening pada kulit dan kondisi kulit bisa kembali menyerupai semula.

4. Meredakan Rasa Nyeri Saat Menstruasi

Sudah bukan diam-diam umum bila ketika datang masa haid atau menstruasi, sering kali para kaum perempuan menderita rasa sakit. Meskipun kondisi ini umum terjadi, tetapi bila tidak segera diatasi tentunya akan membuat tubuh merasa tidak nyaman. Untuk meredakan rasa sakit atau nyeri ketika haid, anda bisa rutin minum ramuan kunyit secara rutin dan teratur setiap hari selama haid.

5. Mengobati Tukak Lambung

Berdasarkan dari hasil sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Gajah Madu (UGM) mengungkapkan bahwa kandungan zat yang terdapat pada kunyit diduga efektif untuk meredakan rasa nyeri pada lambung. Hanya saja, penelitian tersebut gres dilakukan pada 30 ekor tikus yang diberik makan ekstrak kunyit dan akhirnya tikud-tikus tersebut tidak mengalami peradangan sama sekali.

6. Mengobati Sakit Maag

Sama hal nya dengan kencur, kunyit juga bermanfaat untuk mengobati sakit maag. Sebab, kandungan zat yang terkandung di dalam kunyit bisa menurunkan kadar asam lambug berlebih. Maka dengan rutin minum ramuan ekstrak kunyit ketika sedang sakit maag, maka ras sakit jawaban maag bisa segera sembuh.

7. Mencegah Kanker

Manfaat kunyit juga hampir sama dengan manfaat kencur, lantaran di dalam kunyit juga mengandung beberapa kandungan zat yang berfungsi sebagai zat anti kanker. Maka dengan rutin mengkonsumsi atau minum ramuan yang terbuat dari kunyit sanggup memperkecil resiko tubuh terkena penyakit kanker.

8. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Minum jamui kunyit setiap hari sangat baik dilakukan oleh para penderita kolesterol tinggi, lantaran kandungan kalium yang ada dalam kunyit ini efektif untuk mencegah dan sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat berlebih dalam tubuh. Selain sanggup menurunkan kadar kolesterol berlebih dalam tubuh, minum ramuan kunyit juga sangat baik untuk mencegah terkena penyakit jantung dan stroke.

D. Cara Mengolah / Membuat Ramuan Atau Jamu Kunyit

Bahan-bahan yang diharapkan :
  • Bubuk kunyit / parutan kunyit, sebanyak 2 sendok teh
  • Bubuk kayu manis, sebanyak 1 sendok teh
  • 1 rimpang jahe segar, cincang atau halus
  • Biji merica, sebanyak 6 buah
  • 1 kantung teh celup
  • Sejumput garam halus
  • 2 gelas air

Cara membuat ramuan / jamu kunyit :
  1. Pertama-tama panaskan air sebanyak 2 gelas.
  2. Masukan semua materi menyerupai kunyit, kayu manis, jahe, merica, dan juga garam.
  3. Rebus semua materi hingga mendidih.
  4. Biarkan mendidih hingga air rebusannya hanya tersisa 1 gelas saja.
  5. Angkat, saringan dan tuangkan ke dalam gelas.
  6. Minum ramuan dua kaki sehari, setengah gelas di pagi hari dan setengah gelas pada malam sebelum tidur.

E. Efek Samping Kunyit pada Tubuh

Meskipun mempunyai banyak sekali keuntungannya untuk kesehatan tubuh, ternyata bila dikonsumsi secara berlebihan sanggup mengakibatkan imbas samping. Batas masuk akal mengkonsumsi kunyit dihentikan lebih dari 500 mg perhari.

Efek samping yang ditumbulkan, diantaranya ialah :
  1. Reaksi alergi.
  2. Gangguan pada kantung empedu.
  3. Perdarahan.
  4. Gangguan hati.
  5. Kontraksi uterus.
  6. Gangguan perut dan pencernaan.
  7. Mengurangi kesuburan pada pria.


Itulah Beragam Manfaat Kencur dan Kunyit untuk Kesehatan dan Pengobatan, serta Cara Mengolahnya yang penting untuk anda ketahui bersama. Jika dikonsumsi dalam jumlah masuk akal dan rutin, maka kencur dan kunyit akan sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Untuk mempunyai tubuh sehat tidak harus mengkonsumsi obat-obatan kimia, lantaran aneka macam materi alami yang ada di sekitar kita pun bisa dijadikan sebagai obat yang jauh lebih aman.

Demikian ulasan ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Cukup sekian dan salah sehat untuk kita semua. Ayo share artikel ini. Like juga halaman fb blog ini. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel